Jumat, 07 April 2017

Terlalu Lama Berdiri Membuat Sakit Pinggang

Tahukah Anda bahwa nyeri pinggang yang Anda rasakan bisa jadi diakibatkan karena Anda terlalu lama berdiri?
 Harga Triflex Capsule
Yap, seperti dilansir LowBackPainProgram, berdiri untuk waktu yang lama bisa menyebabkan pinggang sakit. Nyeri ini biasanya dirasakan di pinggang bagian belakang. Nyeri pinggang ini bisa makin sakit bila Anda stress, postur tubuh tidak baik saat berdiri, lemahnya perut, atau berat badan berlebih.

Seorang ahli ergonomi dari departemen ilmu biologi Quebec University di Kanada, Professor Karen Messing, seperti dikutip DailyMail, mengatakan postur tubuh yang sama jika terlalu lama, baik itu berdiri ataupun duduk membuat, otot berada pada posisi yang sama.

“Dan, orang-orang yang berdiri dalam waktu yang lama merasakan sakit dan umumnya kelelahan secara fisik,” beber Karen.

Kenapa berdiri lama bisa menyebabkan sakit pinggang?

Studi yang dilakukan Karen ini dilakukan dengan meneliti 4.400 pekerja yang menghabiskan sebagian besar harinya dengan berdiri. Ia menemukan bahwa hampir ¼-nya menderita nyeri pinggang. Ahli fisioterapi Jill Gamlin, yang berasal dari Cambridge, mengatakan, “Ketika Anda berdiri, pusat gravitasi berpindah ke tulang belakang Anda dan berat tubuh dirasakan oleh pinggang.”

Jill menambahkan, bila perut dan otot pinggang tidak kuat, tulang belakang Anda akan mulai terbebani sehingga ini akan menarik ligamen dan otot, dan akan menyebabkan nyeri.

Berdasarkan studi dari McGill University, Kanada, yang melibatkan 18 peserta yang jadi objek studi, Anda tidak perlu waktu terlalu lama untuk merasakan nyeri pinggang. Studi tersebut menyebutkan Anda hanya perlu waktu 25 menit berdiri sampai nyeri pinggang menyerang.

18 peserta penelitian diminta untuk berdiri, sementara para peneliti mengawasi rasa sakit pada otot pinggang mereka. Setelah 25 menit, semua peserta merasakan sakit otot pada pinggang, menurut ahli dan juga professor biomekanik dan ergonomi yang meneliti, Dr. Julie Cote.

“Namun, beberapa orang juga merasakan kaku hampir di seluruh tubuhnya. Jadi, terlihat bahwa pda beberapa orang yang kurang beruntung, fisiologi mereka membuat mereka lebih cenderung sakit ketika mereka berdiri,” lanjut Dr. Cote.

3 latihan untuk mengatasi nyeri pinggang

Lalu bagaimana cara mengatasi nyeri pinggang yang Anda rasakan akibat terlalu lama berdiri? Ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan, seperti berikut:

Duduk atau berlatih Pilates
Professor Karen mengatakan, orang-orang yang menghabiskan banyak waktu untuk berdiri perlu menyempatkan diri dan beristirahat sembari duduk.

“Anda perlu duduk setidaknya 6% atau lebih dari kegiatan mereka sehari-hari selain berdiri, untuk menghindari masalah. Latihan seperti Pilates juga membantu untuk menjaga postur tubuh dan untuk memperkuat otot yang membantu tulang belakang,” tutur Karen.

Lakukan deep squat rest
Salah satu olahraga atau latihan yang dapat membantu mengurangi nyeri pinggang adalah deep squat rest. Olahraga ini bisa mengurangi ketidakseimbangan dan sesaknya pinggang tulang belakang. Olahraga ini juga mengurangi tekanan pada sendi di sekitar tulang belakang. Selain itu ia juga bisa:

Mengurangi kemiringan panggul anterior yang terbentuk karena berdiri terlalu lama
Membuka dan meregangkan sendi dan otot panggul
Mengurangi kurva-S yang berlebihan dalam daerah pinggang
Memperkuat otot perut bagian bawah
Untuk melakukan deep squat rest, Anda hanya perlu berjongkok dengan kedua kaki berjauhan, persis seperti posisi saat buang air di toilet jongkok. Posisi istirahat seperti ini lebih baik dibandingkan duduk, karena dapat menyeimbangkan kembali beban di tulang belakang Anda setelah terlalu lama berdiri.

Latihan lainnya
Seperti dikutip WebMD, ada beberapa latihan lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri pinggang.

Latihan postur yang baik, ketika Anda berdiri atau duduk. Ketika mengangkat barang, angkatlah dengan kekuatan kaki Anda (jadi Anda melakukannya dari jongkok, lalu berdiri) bukan dengan pinggang Anda (membungkuk).
Lakukan latihan yang memperkuat otot Anda, khususnya perut, pinggang, dan panggul. Membentuk otot yang kuat bisa membuat perubahan besar dan bisa memperbaiki kinerja otot.
Jangan jadi alasan untuk bermalas-malasan di kasur saja saat pinggang Anda sakit. Anda justru harus banyak bergerak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar